Peran Media Sosial dalam Membangun Personal Branding Bagi Pelaku UMKM

Authors

  • Nurmala Universitas Esa Unggul

Keywords:

Media Sosial; Personal Branding; UMKM

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media sosial dalam membangun personal branding bagi pelaku UMKM. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu studi literature. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial sangat berperan dalam membangun personal branding dengan mudah, efesien dan lebih efektif. Peran media sosial diantaranya yaitu sebagai sarana komunikasi, branding, marketing dan menjalin hubungan sosial. Sebagai sarana komunikasi yakni untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada dalam jarak jauh yang dapat bertemu di ruang maya sebagai bentuk perkembangan teknologi komunikasi saat ini menjadi salah satu kebutuhan manusia sebagai alat penyampaian pesan, penyebaran informasi, promosi, referensi dan hiburan. Sebagai pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan mitra, mempromosikan keberadaan diri dan keahliannya, sebagai sarana mencari informasi dan referensi untuk meningkatkan value diri. Melalui komunikasi yang dibagikan di media sosial, pelaku usaha dapat melakukan personal branding dengan meng-update informasi secara konsisten untuk membangun kesan yang baik bagi audiens, membuat konten yang menghibur untuk menarik perhatian konsumen, membentuk citra positif, dan menjaga citra diri. Media sosial juga berperan dalam personal branding dengan menjadi sarana marketing untuk mempromosikan diri, nilai dan keahliannya yang menjadi daya tarik atau daya jual seseorang. Dengan menampilkan keunggulan dan skill juga mampu meningkatkan kredibilitas yang menuntun audiens tertarik terhadap diri dan bisnisnya agar diketahui oleh target sasaran, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan. Media sosial juga berperan sebagai sarana membangun hubungan sosial dengan public, pemerintah, tokoh masyarakat, mitra, pelanggan ataupun orang-orang yang dapat membantu menaikkan value atau popularitas diri.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Nurmala. (2025). Peran Media Sosial dalam Membangun Personal Branding Bagi Pelaku UMKM. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi (SENAKOM), 2(1). Retrieved from https://senakom.budiluhur.ac.id/sk/article/view/67